Rekam Medis Pribadi / Personal Health Record (PHR) Merubah Kesehatan Keluarga

Rekam Medis Pribadi / Personal Health Record (PHR) solusi dalam menyimpan riwayat medis dan memonitor kesehatan seluruh anggota keluarga.

Rekam Medis Pribadi atau lebih di kenal Personal Health Record (PHR) bukanlah konsep baru tetapi konsep yang telah ada sejak kunjungan ke dokter dimulai. Dokter perawatan primer mungkin akrab dengan pasien mereka yang datang ke ruang konsultasi membawa rim kertas yang diisi dengan pembacaan tekanan darah, lab gula darah atau buku harian gejala. Ini semua adalah catatan kesehatan pribadi  tetapi yang berbasis kertas. Saat ini, teknologi telah berkembang sangat pesat sehingga memungkinkan untuk mengakses catatan yang dipegang pasien yang ada di platform elektronik seperti iPad, laptop, ponsel cerdas, dan bahkan website. Teknologi ini berkembang pesat dan dokter akan, atau sudah, dihadapkan dengan adaptasi. Sudah saatnya untuk bertanya pada diri sendiri, “Dengan cara apa PHR akan mengubah Kesehatan keluarga seperti ?”

Pertukaran informasi

PHR dapat menyediakan platform di mana informasi pasien dapat dimasukkan oleh pasien sendiri, atau oleh penyedia untuk pasien saja, untuk dilihat oleh pasien dan penyedia layanan kesehatan mereka. Ada beberapa kesepakatan bahwa salah satu tugas utama PHR adalah untuk berfungsi sebagai kendaraan komunikasi antara pasien dan penyedia layanan.

Menggunakan PHR akan memfasilitasi komunikasi pasien-penyedia dengan cara yang memiliki parameter sekitar kapan dan bagaimana hal itu dapat dibaca, membuatnya lebih disukai daripada menggunakan email atau pesan teks. Beberapa PHR akan memiliki komunikasi dua arah, memungkinkan pasien dan penyedia untuk berkomunikasi satu sama lain, sedangkan yang lain hanya akan memungkinkan komunikasi satu arah. Beberapa akan memiliki pilihan bagi pasien untuk melihat bagian tertentu atau semua rekam medis kumulatif mereka.

Di Beberapa Negara Memang, setiap praktik umum harus menawarkan pasien akses online ke catatan perawatan mereka Dalam upaya untuk menjadi transparan dan berbagi informasi, ini dapat menimbulkan beberapa masalah unik. Catatan medis elektronik (EMR) biasanya dimiliki oleh penyedia layanan kesehatan. Meskipun pasien memiliki hak untuk melihat catatan mereka, itu tidak sering dilakukan.

Ada kemungkinan bahwa peningkatan penggunaan Rekam Medis Pribadi dapat meningkatkan keinginan pasien untuk melihat apa yang ada dalam catatan mereka, karena akses berpotensi menjadi lebih mudah. Dokter dan penyedia layanan lain dapat mengembangkan cara pembuatan bagan di area khusus bagi pasien untuk membaca dan memisahkan bagan yang tidak dapat dibaca oleh pasien. Bagan untuk melihat pasien dapat mencakup spesifik di sekitar tujuan pasien yang akan dicapai pada waktunya untuk janji berikutnya, jadwal untuk tindak lanjut dan perubahan pengobatan semua hal yang bisa mendapat manfaat dari membaca tentang pasien.

Pemberdayaan pasien

Salah satu efek utama dari PHR adalah bahwa pasien tetap diberdayakan dan secara aktif terlibat dalam kesehatan mereka dan dalam pencegahan penyakit lebih lanjut atau memburuknya penyakit. Tindakan merekam informasi tertentu dalam PHR, seperti pembacaan berat badan, diet atau glukosa serum, dapat memiliki efek meningkatkan kesadaran pasien terhadap faktor-faktor ini ke tingkat yang tidak ada sebelumnya. Hal ini tercermin dalam penelitian yang di kutip dari  Journal of the American Medical Informatics Association mengamati orang dengan diabetes di mana terdapat kontrol hemoglobin A1c yang lebih baik pada orang dengan diabetes yang menggunakan PHR dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan diabetes. Namun, fitur utama dari PHR yang memiliki ‘efek pemberdayaan’ yang lebih besar adalah hubungan yang kuat dengan dokter atau penyedia lain melalui PHR, yang dapat bertindak sebagai kendaraan untuk model perawatan yang berbeda. Pasien tahu bahwa mencatat informasi mereka di PHR mengarah pada potensi bahwa dokter dapat membacanya. Hubungan dokter-pasien (atau hubungan penyedia-pasien) masih sangat penting.

Ketika hubungan berlanjut, penyedia terus membantu pasien menegosiasikan perilaku mereka yang berhubungan dengan kesehatan mereka sendiri, dan konsultasi elektronik atau pribadi di masa mendatang memanfaatkan informasi berkelanjutan yang pasien dimasukkan ke dalam PHR atau dapat melihat di PHR. Kemungkinan perkembangannya adalah PHR dapat berinteraksi dengan alat manajemen mandiri online untuk penyakit kronis sehingga dapat mengurangi biaya dan waktu kunjungan yang effisien.

Pemanfaatan Hubsehat sebagai Digital PHR

Namun, apakah PHR benar-benar mengarah pada kesehatan yang lebih baik, atau mungkin orang yang mencari kesehatan yang lebih baik baru menggunakan PHR? Ada beberapa tipe yang mengadopsi PHR dan mereka yang tidak; baik dari status sosial ekonomi dan pendidikan, serta mereka yang sering menggunakan teknologi atau lebih sedikit menggunakan teknologi, mereka yang kurang inovatif dalam teknologi informasi lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan PHR.

Apakah pemanfaatan digital ini akan bisa merata di masa depan tidak dapat diprediksi masih perlu dukungan dari semua pihak baik pemerintah terhadap regulasinya dan juga mereka yang terlibat dalam pengelolaan mandiri dan layanan kesehatan yang akan menjadi pengadopsi PHR di masa depan.

Seperti Aplikasi +hubsehat sebaga PHR yang unik dan ada di beberapa platform populer seperti Android, IOS dan WEB base menjadi solusi dalam menyimpan riwayat medis dan memonitor  semua kesehatan seluruh anggota keluarga, Hal Ini sebagai langkah nyata dalam mendukung dan menciptakan gaya hidup sehat serta pencegahan terhadap penyebab penyakit kronis seperti kolesterol, adanya infeksi, detak jantung, atau berbagai tes yang bisa menjadi indikator penyebab penyakit kronis di dalam tubuh seseorang.

Manfaat Aplikasi +hubsehat untuk kesehatan Keluarga

Salah satu manfaat yang menarik di mana aplikasi +hubsehat dapat menyimpan semua tindakan dan informasi penting tentang operasi pasien, perangkat medis yang terpasang, obat yang di konsumsi, riwayat medis, sampai mencari “Second Opinion”.

Ini sangat penting karena pasien dengan penyakit kronis butuh extra monitor untuk masalah kesehatannya, memiliki aplikasi kesehatan mobile yang dapat menawarkan bantuan kepada penyedia layanan kesehatan dengan merinci semua hal yang perlu mereka ketahui tentang operasi dan riwayat medis sebelumnya merupakan kemajuan besar bagi pasien saat ini.

Dengan aplikasi kesehatan mobile yang menyimpan informasi penting ini, masalahnya tetap dan pasien merasa aman mengetahui kesehatan mereka terlindungi bahkan saat bepergian ke luar kota ataupun untuk mencari “second opinion” tanpa harus berangkat ke luar negeri terlebih dahulu.

Selain itu, pasien dengan penyakit kronis pasti melakukan tindakan LAB dan melakukan perjanjian untuk control, dengan menggunakan aplikasi, bagaimanapun, membantu profesional untuk melihat apakah hasil lab pasien tanpa masalah atau harus menunda tindakan yang di perlukan.

Alamat

   JL. Karya Asih No. 4 Lubuk Pakam 20514
  Telp/Fax. 061-7951849
  dinkes@deliserdangkab.go.id

Copyright © 2019 Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang